top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Rumah Terkecil di Dunia Part 1

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana rasanya tinggal di salah satu rumah terkecil di dunia? Impian orang Amerika tentang sebuah rumah besar pasti telah berubah selama bertahun-tahun orang-orang belajar bagaimana melepaskan barang-barang yang tidak perlu dan hidup hanya dengan apa yang mereka butuhkan; bahkan dalam hal ruang.


Studio7 Design and Build mengutip dari Arch2O telah mendaftarkan untuk Anda 7 rumah terkecil di dunia; luasnya berkisar dari 17 meter persegi hingga SATU meter persegi! Teruslah membaca untuk mencari tahu mengapa dan bagaimana rumah-rumah ini dibangun.


7 Rumah Terkecil di Dunia:


1. Rumah Musim Panas Tepi Laut Viking | Arsitektur FREAKS

Luas: 12 m²

Source: Pinterest © Jules Couartou

“FREAKS telah ditugaskan untuk memperbaiki gubuk pemancingan beton yang sudah ada sebelumnya yang dibangun pada tahun 50-an di atas batu, di pantai, menghadap ke laut. Dimensi dan rasionya persis sama dengan kabin kayu Henry David Thoreau di Walden, 3 meter per 4, 12m². Rumah musim panas sekarang menjadi salah satu rumah terkecil di dunia.


Karena peraturan konstruksi pantai Prancis yang sangat ketat, proyek tidak dapat mengubah ukuran maupun bentuk gubuk, tetapi pekerjaan besar telah dilakukan untuk mengubah insulasi atap dan eksterior dengan menggunakan kelongsong logam galvanis berwarna sampanye dan untuk memasang dua jendela geser besar yang memungkinkan untuk membuka rumah ke arah cakrawala.”

Source: Pinterest © Jules Couartou

2. Rumah Parasit | El Sindicato Arquitectura

Luas: 12 m²

Source: Pinterest © El Sindicato Arquitectura

“Parasite House adalah salah satu rumah terkecil di dunia. Desain dan konstruksi tempat tinggal seluas 12 meter persegi, terletak di atap bangunan yang ada di lingkungan populer San Juan di Quito-Ekuador Casa parásito (Rumah parasit) adalah objek desain minimal, yang berfokus pada penyelesaian kebutuhan tempat tinggal dasar untuk orang atau pasangan muda.


Ini termasuk: kamar mandi, dapur, tempat tidur, ruang penyimpanan dan ruang To-be (makan, bekerja dan bersosialisasi), yang mengamankan semua fasilitas hunian di area yang dikurangi.

Source: Pinterest © El Sindicato Arquitectura

3. Studentboende: Unit Mahasiswa | Tengbom

Luas: 10 m²

Source: Pinterest © Bertil Hertzberg

“Untuk berhasil membangun perumahan siswa yang terjangkau membutuhkan pemikiran inovatif dan solusi baru. Luas di setiap unit dikurangi dari persyaratan saat ini, 25 meter persegi menjadi 10 meter persegi melalui persetujuan hukum. Flat yang benar-benar kompak ini masih menawarkan loteng tidur yang nyaman, dapur, kamar mandi, dan taman kecil dengan teras.


Melalui tata letak yang efisien dan penggunaan kayu laminasi silang sebagai bahan konstruksi, sewa berkurang 50% dan dampak ekologis serta jejak karbon juga berkurang secara signifikan.”

Source: Pinterest © Bertil Hertzberg

4. Rumah Liburan | Hristina Hristova

Luas: 9 m²

Source: Pinterest © Deyan Tomov

“Ruang yang terbatas adalah sebuah tantangan, tetapi kami berhasil menyesuaikan semua yang diperlukan tanpa perasaan sesak yang tidak menyenangkan karena terjebak di tempat sempit yang penuh dengan barang-barang. Ketinggian standar 2,4m di bubungan atap serta kaca besar membuat proyek mungil ini terasa lebih seperti rumah yang luas.


Cahaya yang datang dari jendela tinggi memungkinkan pemandangan laut yang menakjubkan menjadi bagian dominan di interior. Karena nuansa bahan yang digunakan sangat penting bagi kami, kami memilih untuk menggunakan kelongsong yang diminyaki putih dan kayu lapis.”

Source: Pinterest © Deyan Tomov

5. Seelenkiste Penampungan Roh Arcadie | alergi

Luas: 8 m²

Source: Pinterest Courtesy of allergutendinge

“Mimpi Arcadia telah mengakar kuat dalam budaya Eropa selama berabad-abad. Di satu sisi istilah itu menggambarkan petak tanah yang nyata di Yunani kuno. Di sisi lain itu adalah ide untuk persembunyian emosional, untuk hidup selaras dengan diri sendiri dan alam.


Di bagian tidur ada ruang untuk meditasi dan eksplorasi diri. Untuk menemukan Arcadia pribadi, Penampungan Roh dirancang secara mobile. Konstruksi rangka kayu dapat dibongkar dan diangkut ke pemandangan apa pun.”

Source: Pinterest Courtesy of allergutendinge

6. Diogen | Renzo Piano

Luas: 7,5 m²

Source: Pinterest Fotografi oleh Julien Lanoo | © Vitra

“Desainnya berawal dari daya tarik berulang yang dimiliki Piano sejak ia masih mahasiswa: ruang minimum yang dapat ditinggali seseorang. Kembali ke tema sekitar 10 tahun yang lalu, Piano mengembangkan prototipe untuk ruang minimal, yang ia juluki Diogene sebagai referensi ke Diogenes dari Sinope, filsuf Yunani kuno yang konon hidup dalam tong.


Di dalam, Diogene terdiri dari ruang berpartisi yang menampilkan sofa tarik dan meja lipat di satu ujung, dan pancuran, toilet, dan dapur di ujung lainnya. Sebagai produk Vitra, Diogenes dimaksudkan untuk menjadi unit serbaguna yang dapat berfungsi sebagai tempat peristirahatan akhir pekan, kantor atau bahkan ditempatkan dalam kelompok untuk membentuk hotel informal banyak potensi yang dapat dihasilkan dari rumah terkecil di dunia.”

Source: Pinterest Atas perkenan dari Renzo Piano

7. Kabin Hutan Belantara Kudhva | Desain Inggris Baru

Luas: 5 m²

Source: Pinterest © George Fielding

“Kabin, yang dirancang oleh Ben Huggins dimaksudkan untuk menjadi fase pertama dari rencana induk yang lebih luas untuk situs yang menawarkan kepada publik kesempatan untuk mengalami arsitektur eksperimental skala kecil sementara . Huggins 'bekerja dengan klien dan kolaborator jangka panjang Louise Middleton pada proyek singkat sebelum mengembangkan empat kabin prototipe pertama.


Dibangun oleh pembuat perahu yang beralih menjadi pembuat furnitur Toby Sharp dengan tim kecil pengrajin ahli di bengkel terdekat, kabin kemudian dirakit dan diangkut ke lokasi sebelum diangkat ke pangkalan mereka, berubah menjadi salah satu rumah terkecil di dunia. Kabin dibangun dari struktural, panel pinus berinsulasi dengan penutup membran karet EDPM.”

Source: Pinterest © Roy Riley

Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 50835525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id



0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page