7 Runtuhnya Bangunan Terburuk di Dunia
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Runtuhnya Bangunan Terburuk di Dunia

Arsitek dan insinyur harus berhati-hati, bangunan runtuh dapat disebabkan oleh serangan jet teroris atau secangkir teh pagi! Dunia arsitektur dan teknik struktural dipenuhi dengan kegagalan, beberapa di antaranya kecil bahkan membuat Anda tertawa , namun, yang lain, seperti bangunan runtuh, tragis dan mematikan.


Berikut 7 Runtuhnya Bangunan Terburuk dalam Sejarah Arsitektur yang disunting dari Arch2o.com:


1. Menara Kembar, Kota New York , AS

Jumlah Korban: 2.977 kematian

Dibangun: 1973

Runtuh: 11/09/2001

Penyebab: Truk S oleh dua pesawat komersial yang dibajak.


Tidak diragukan lagi, runtuhnya Menara Kembar pada serangan 11 September adalah yang paling traumatis dari semua keruntuhan bangunan. Menara Kembar dibangun dengan ahli: strukturnya terdiri dari baja ringan, inti pusat, dan sistem struktur yang menopang dirinya sendiri bahkan jika satu kolom gagal.

Source: Pinterest (Atas perkenan NIST/dpa/Picture Alliance)

Desain master ini memberi waktu bagi bangunan sebelum runtuh karena menara dirancang untuk menahan 5.000 ton beban angin lateral, yang jauh lebih berat daripada berat jet. Namun, 90.000 galon bahan bakar jet yang terbakar itulah yang akhirnya melemahkan bangunan, menyebabkan tamparan lantai berjatuhan satu demi satu. Begitu lantai mulai runtuh, butuh 10 detik agar menara benar-benar runtuh.

Courtesy of Library of Congress, Divisi Cetak & Foto, Koleksi Balthazar Korab

2. Sampoong Department Store, Seoul, Korea Selatan

Jumlah Korban: 502 kematian dan 937 luka-luka

Dibangun: 1989

Runtuh: 29/06/1995

Penyebab: Overload Struktural, Punching Shear


Kasus ini benar-benar kebalikan dari bangunan yang dirancang dengan sangat baik, semua yang terbunuh dan terluka ini adalah korban kelalaian kriminal dan sangat tidak menghormati praktik rekayasa etis yang mengarah pada keruntuhan bangunan paling dahsyat dalam sejarah Korea Selatan.


Toserba Sampoong benar-benar berubah dari gedung perkantoran menjadi toserba di tengah pembangunan! Mengabaikan semua persyaratan desain industri dalam hal rekayasa struktural. Kelalaian ini mengakibatkan retakan yang cukup luas, yang diperhatikan namun diabaikan, juga menyebabkan bangunan tersebut jebol dan retak kemudian runtuh dengan 1.500 karyawan di dalamnya.

Foto: Choo Youn-Kong/AFP/Getty Images

3. Lotus Riverside Compound, Shanghai , China

Jumlah Korban : Satu Orang Meninggal

Dibangun: 2009

Runtuh: 27/06/2009

Penyebab: Hujan deras membasahi tanah situs dengan air


Pada tanggal 27 Juni 2009, Blok 7, salah satu dari sebelas gedung apartemen 13 lantai yang membentuk kompleks Lotus Riverside di Shanghai, jatuh begitu saja, tergeletak rata. Bangunan itu runtuh saat masih dalam pembangunan, dan untungnya, sebagian besar pekerja melarikan diri dari lokasi ketika mereka merasakan bangunan itu akan runtuh, kecuali satu pekerja yang sayangnya tidak.

Atas perkenan NIR ELIAS
Gambar melalui Flickr

4. Tiga Gedung Perkantoran Tinggi , Rio, Brasil

Jumlah Korban: 17 kematian

Dibangun: T/A

Runtuh: 26/01/2012

Penyebab: Renovasi Ilegal


Bangunan 20 lantai itu menabrak bangunan sepuluh lantai lainnya dan bangunan "tiga atau empat" yang lebih kecil, ketiganya runtuh total. Bangunan runtuh menyebabkan gelombang pembunuh debu melalui lingkungan, menewaskan sedikitnya 17 orang.


Untungnya, keruntuhan gedung terjadi pada larut malam dan gedung-gedung itu secara alami kosong dari pekerja. Disarankan bahwa renovasi ilegal dan pekerjaan konstruksi melemahkan bangunan 20 lantai, menyebabkannya runtuh, merobohkan dua bangunan kecil lainnya ke tanah.

Atas perkenan Seattle PI

5. Jalan setapak di Hyatt Regency, Kansas City, AS

Jumlah Korban: 114 kematian dan 200 luka-luka

Dibangun: 1978-1980

Runtuh: 17/07/1981

Penyebab: Distribusi Berat


Sementara sebagian besar keruntuhan bangunan dibangun di atas dan diperhatikan sebelumnya, Hyatt Regency di Kansas City, Missouri, terjadi sekaligus ketika jalan layang lantai empat runtuh, jatuh ke jalan setapak lain dua lantai ke bawah, dan akhirnya ke ruang tunggu di bawah.


Jalan setapak adalah fitur arsitektur hotel, ditambatkan oleh batang baja 1,5 inci, tetapi masalah sebenarnya terletak pada perubahan dari satu set batang gantungan yang dijalin melalui jalan setapak bagian atas ke sistem batang ganda yang ditambatkan ke jalan setapak atas itu sendiri, menambah tekanan yang sangat besar dan tidak semestinya. Desainnya tidak mampu memenuhi persyaratan keselamatan minimum tetapi tidak diperhatikan dalam proses pembangunan yang menyebabkan jalan setapak runtuh.

Gambar melalui WJE

6. Jembatan Tacoma Narrows, Washington, AS

Jumlah Korban: nol

Dibangun: 1940

Runtuh: 07/11/1940

Penyebab: Girder Murah


Runtuhnya bangunan ini adalah salah satu yang lebih dahsyat. Ketika dibuka pada tahun 1940, Tacoma Narrows Bridge adalah jembatan gantung terpanjang ketiga di dunia, tetapi runtuh hanya empat bulan kemudian.

Courtesy of Seattle Times

Dalam upaya untuk mencoba menekan biaya, girder murah dipilih, menyebabkan jembatan melengkung dan bergoyang sepanjang panjangnya yang ditangguhkan di bawah kekuatan angin normal! Karena gerakan puntir yang dialami jembatan, menara yang menahan bentang ditarik ke dalam, retakan terbentuk, dan akhirnya, seluruh jembatan jatuh ke sungai. Berikut adalah rekaman sebenarnya dari jembatan yang terpelintir dan runtuh!


7. Gedung Savar, Dhaka, Bangladesh

Jumlah Korban: 1.134 kematian dan 2.500 luka-luka

Dibangun: T/A

Runtuh: 24/04/2013

Penyebab: Kelalaian struktural dan pekerjaan konstruksi ilegal


Runtuhnya gedung pabrik garmen Dhaka 2013 juga disebut sebagai runtuhnya gedung Savar 2013 atau Runtuhnya Rana Plaza- adalah kegagalan struktural di mana sebuah bangunan komersial berlantai delapan runtuh. Ini dianggap sebagai "kecelakaan kegagalan struktural yang tidak disengaja paling mematikan dalam sejarah manusia modern" dan "bencana pabrik garmen paling mematikan dalam sejarah".


Bangunan itu berisi pabrik pakaian, bank, apartemen, dan beberapa toko. Toko-toko dan bank di lantai bawah segera ditutup setelah ditemukan retakan di gedung. Sayangnya, pemilik gedung mengabaikan peringatan untuk menghindari penggunaan gedung setelah retakan muncul sehari sebelumnya. Pekerja garmen diperintahkan untuk kembali keesokan harinya dan bangunan itu runtuh pada jam sibuk pagi hari.

Courtesy dari CNN

Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page