Rumah Tanpa Sekat
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Rumah Tanpa Sekat

Updated: Oct 12, 2022

Dikutip dari Arch2O.com dirancang oleh Integrated Field, BAAN RORB (atau 'บ้านรอบ' dalam bahasa Thailand yang secara harfiah berarti Sekitar/Mengelilingi/Bersepeda/Rumah Bundar) adalah tempat tinggal bagi keluarga Tionghoa-Thailand yang terdiri dari orang tua pensiunan dan 2 anggota keluarga. Ide awal dari keluarga adalah memiliki ruang sederhana dan tenang untuk menikmati taman dan ruang yang akan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi anggota keluarga untuk berinteraksi satu sama lain.

Source: Pinterest fotografi oleh © Wison Tungthunya / W Workspace

Meskipun hampir 3.200 sq.m. luas lahan, tampaknya lingkungan sekitar tapak memberikan pilihan yang cukup terbatas dalam alternatif pengaturan karena setengah dari sekitarnya adalah 6 bangunan apresiasi di utara dan barat dengan lebih dari 100 kamar menghadap ke tapak. Oleh karena itu, isu utamanya adalah memberikan privasi dan mencegah lingkungan sekitar yang akan menimbulkan gangguan bagi anggota keluarga dan sekaligus meningkatkan kemungkinan interaksi antar anggota keluarga.

Source: Pinterest fotografi oleh © Wison Tungthunya / W Workspace

Dengan kondisi tapak dan tujuan utama proyek, IF mengusulkan ide untuk menempatkan rumah di ujung terjauh dari tapak dan menggunakan semua benda padat yang diperlukan dari semua area layanan seperti dapur, kamar pembantu, dan toilet untuk mencegah semua bangunan sekitarnya dari melihat aktivitas keluarga di dalamnya. Sirkulasi utama yang mengelilingi halaman dalam dari lantai dasar hingga lantai dua adalah fitur utama yang memberikan kesempatan yang lebih baik kepada anggota keluarga untuk saling bertemu dan mengembangkan hubungan mereka sambil menghargai alam.


Semua fungsi bersama seperti rumah roh Cina, ruang leluhur, ruang tamu dan ruang makan berada di lantai dasar dan dapat saling melihat dari setiap area. Tingkat kedua terdiri dari ruang keluarga dan kamar tidur dengan skylight internal untuk menerima cahaya alami yang cukup dan ventilasi .

Source: Pinterest fotografi oleh © Wison Tungthunya / W Workspace

Mood dan tone rumah cerita berdasarkan pada warm tone dengan warna dan kayu , kecuali ciri utama yaitu sirkulasi utama yang dibangun dengan struktur baja yang terlihat ringan dan khas. Struktur tersebut dilengkapi dengan bukaan jendela lipat untuk memberikan ventilasi penuh saat dibutuhkan.


Secara alami, angin akan datang dari selatan hampir sepanjang tahun dan sama seperti matahari yang datang pada sudut yang curam. Oleh karena itu, bukaan di pintu masuk utama yang memiliki teras tertutup untuk menikmati halaman depan memungkinkan ventilasi ke seluruh rumah hampir sepanjang hari tetapi di lantai dua akan membutuhkan bantuan dari pepohonan sebagai lapisan penyaringan pertama dan kaca penyekat.sebagai lapisan kedua untuk melindungi rumah dari sinar matahari.


Perancangan BAAN RORB merupakan upaya untuk memahami dan 'luar dan dalam' rumah dan mengembangkan ruang yang memberikan ketenangan, relaksasi dan kelangsungan hubungan anggota keluarga 'di sekitar' pengadilan internal.


Source: Pinterest fotografi oleh © Wison Tungthunya / W Workspace

Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page