7 Jenis Tangga dan Kegunannya
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Jenis Tangga dan Kegunannya

Updated: Oct 12, 2022

Desain tangga merupakan komponen penting dari sebuah bangunan yang menyediakan akses ke berbagai lantai dan atap bangunan.


Apa itu tangga dan jenisnya?

Tangga pada dasarnya terdiri dari serangkaian anak tangga, yang pada gilirannya terdiri dari tapak (bagian horizontal, di mana kaki akan beristirahat) dan anak tangga (bagian vertikal). Meskipun dapat bervariasi dalam desainnya, desain tangga yang baik sangat penting untuk bangunan bertingkat; terutama yang bertingkat rendah di mana mereka benar-benar dapat digunakan secara bergantian dengan atau sebagai pengganti elevator . Tangga mungkin tidak hanya menjadi sarana sirkulasi vertikal tetapi juga instalasi dekoratif yang elegan untuk rumah , hotel , toko, perpustakaan , dll. Jadi, apa saja bentuk desain tangga yang dapat Anda muat di rumah atau toko Anda atau fasilitas lainnya?


Apa saja jenis tangga yang berbeda?

Berikut 7 jenis tangga yang berbeda dikutip dari Arxh2o.com. Mari kita ulas satu per satu.


1. Tangga Lurus


Tangga lurus, Baja Kayu Courtesy of Made in China

Tangga lurus adalah yang paling mudah dan paling mendasar untuk dirancang. Mereka tidak membutuhkan dukungan lebih lanjut selain dukungan lantai, lantai atas dan bawah. Namun, mereka membutuhkan ruang linier yang cukup di mana mereka dapat ditempatkan, dan ruang itu bisa menjadi lebih lama jika pendaratan akan ditambahkan. Pendaratan di tengah jalan akan diperlukan jika ketinggian lantai melebihi 12 kaki (3,6 m).


2. Tangga Berbentuk L

Tangga berbentuk L, Baja Courtesy of The Staircase People

Jika Anda memutar bagian atas tangga lurus Anda, di luar pendaratan, sebesar 90 derajat, Anda akan mendapatkan tangga berbentuk L. Tipe ini sedikit lebih rumit daripada tangga lurus. Misalnya, pendaratan diperlukan dan membutuhkan dukungan ekstra, biasanya dipasang di dinding samping.


Tangga berbentuk L bisa lebih menarik secara visual. Mereka juga lebih aman daripada tangga lurus, berkat pendaratan yang memberikan jeda singkat pada ascendant dan mengurangi bahaya tersandung secara tidak sengaja. Di mana Anda dapat menempatkannya, sudut akan menjadi yang terbaik. Tangga berbentuk L dengan pendaratan tidak tepat di tengah tetapi lebih dekat ke lantai atas atau bawah disebut tangga L panjang.


3. Tangga Penggulung

Winder Stairs, Atas Perkenan Dari Tangga Siller

Ini adalah tangga berbentuk L dengan twist. Alih-alih pendaratan, mereka memiliki 2-3 tangga "penggulung", yang menghubungkan penerbangan atas dan bawah. Tangga penggulung lebih lebar di satu sisi daripada yang lain, dan tujuan utamanya adalah untuk menghemat ruang. Mereka biasanya berbentuk segitiga atau layang-layang.


Winder memberikan kesan yang lebih menyenangkan pada tangga berbentuk L dengan secara bertahap dan spontan menghubungkan penerbangan atas dan bawah. Namun, detail ekstra membuatnya lebih rumit untuk dirancang dan lebih sulit dinavigasi.


4. Tangga Berbentuk U

Atas perkenan Houzz

Juga dikenal sebagai tangga setengah putaran, tangga berbentuk U terdiri dari dua penerbangan paralel dengan pendaratan di antaranya. Ini adalah desain yang paling umum digunakan di gedung perkantoran , gedung apartemen , fasilitas umum, dll.


Jika pendaratan 180 derajat diganti dengan tangga tambahan dan dua pendaratan 90 derajat, tangga berbentuk U menjadi pendaratan seperempat atau tangga berbentuk L ganda sebagai gantinya. Tangga berbentuk U dapat dengan mudah ditempatkan dalam denah arsitektur; namun, mereka membutuhkan lebih banyak dukungan daripada tangga lurus.


5. Tangga Spiral

Tangga spiral, Logam Courtesy of Made in China

Langkah-langkahnya, dalam tipe ini, berbentuk baji dan mengikuti bentuk heliks. Mereka berputar di sekitar tiang pusat, dan jika dilihat dari atas, mereka tampak seperti lingkaran lengkap, di mana tapak adalah sektor lingkaran ini.


Tangga spiral kompak, sehingga dapat digunakan saat ruang tidak banyak. Mereka juga dapat digunakan untuk bangunan ringan, seperti rumah pantai dan rumah pohon. Mereka bisa sangat menarik dalam tampilan, dan mereka tidak memerlukan banyak dukungan, hanya tiang pusat dan pendaratan.

Tangga spiral, Courtesy of kit stair systems

Namun, tangga spiral bukanlah pilihan teraman di sini. Bentuk dan distribusi anak tangga membuatnya mudah tersandung. Itu sebabnya mereka tidak dapat digunakan sebagai tangga utama, dan mereka juga tidak dapat dinaiki atau diturunkan dengan benda berat.


6. Tangga Melengkung

Tangga Kelahiran Kembali Georgia, Atas Perkenan Nathan Kirkman

Jenis ini berulang kali bercampur dengan tangga spiral, dan seperti tangga spiral, ia mengikuti jalur heliks, tetapi satu dengan radius yang jauh lebih besar. Jadi, langkah-langkah tersebut pada akhirnya tidak membentuk lingkaran utuh melainkan busur lingkaran ini.


Tangga melengkung bisa sangat anggun dalam tampilan, dan itulah sebabnya mereka sering digunakan untuk memberi kesan, di rumah mewah atau hotel. Mereka jauh lebih mudah digunakan daripada tangga spiral, terutama jika jari-jarinya besar, tetapi di sisi lain, mereka lebih sulit untuk dibangun. Di antara ketujuh jenis yang diulas di sini, mereka bisa menjadi yang paling sulit.


7. Tangga Bercabang

Tangga Rumah Gubernur Alabama Via Carol M. Highsmith

Tangga besar ini dapat digunakan untuk menyiratkan kemewahan dan keanggunan, dan karenanya dapat ditemukan secara umum di rumah-rumah besar, istana, atau terkadang kapal pesiar. Namun, mereka juga memiliki tujuan praktis dan finishing kontemporer.


Tangga bercabang terdiri dari satu tangga lebar yang mencapai pendaratan, dan kemudian terbagi menjadi dua tangga yang lebih kecil yang menuju ke arah yang terpisah.


Sumber: Arch2O.Com


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page