Gaya Arsitektur Tradisional Rumah Jawa Bagi Bangunan Modern
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Gaya Arsitektur Tradisional Rumah Jawa Bagi Bangunan Modern


Rumah jika diartikan ke dalam bahasa Jawa halus biasa disebut dengan griya atau dalem. Griya berasal dari kata gunung agung yang diartikan oleh masyarakat Jawa sebagai gunung besar sebagai sumber kehidupan, sedangkan dalem diartikan sebagai rumah atau saya. Sehingga terdapat keterkaitan antara rumah dan pribadi seseorang.

wovgo.com

Dalam budaya Jawa, rumah merupakan hubungan yang memiliki keterkaitan antara manusia dengan alam. Hal ini membuat bentuk dan isi di dalam rumah memiliki nilai-nilai yang filosofis dengan alam sekitar. Bahkan dalam pembuatan rumah Jawa, memiliki unsur-unsur yang berupa tata ruang, ornamen dan bentuk bangunan.


Gaya arsitektur Jawa juga dikenal cukup pandai untuk meredam gempa. Hal ini ditunjukkan dari bentuk atap bangunan menggunakan tritisan yang lebar untuk melindungi halaman yang ada dibawahnya. Arsitektur seperti ini sangatlah cocok untuk daerah yang memiliki iklim dan sering terjadi gempa.


Ilmu yang mempelajari bangunan masyarakat Jawa disebut dengan Ilmu Kalang atau disebut juga Wong Kalang. Terdapat 5 macam bangunan pokok arsitektur Jawa yaitu:


1. Panggang (pe)

Studio7

Merupakan bangunan yang hanya memiliki atap sebelah bagian saja. Hal ini pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat untuk begadang atau pos ronda pada saat ini, akan tetapi mampu diaplikasikan sebagai atap sebuah rumah minimalis.


2. Kampung


Merupakan dengan atap dua sisi pada bangunan dan sebuah bubugan di tengahnya. Umumnya digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat seperti halnya menjadi konsep rumah pada saat ini.

Studio7

3. Limasan

pinterest.com

Merupakan bangunan yang memiliki empat sisi atap dengan bubugan yang terdapat di tengah atap. Limasan juga biasanya digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat Jawa yang memiliki emperan pada setiap sisi bangunan.


4. Joglo atau Tikelan


Merupakan bangunan dengan Soko Guru dengan atap bangunan empat sisi dan sebuah bubugan ditengahnya. Jenis bangunan ini biasanya digunakan sebagai pendopo atau rumah tinggal bagi kaum bangsawan.

boombastis.com

Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page