top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Membangun Rumah Mewah Memang Menyenangkan, Tetapi Mempertahankannya adalah Bagian yang Sulit.

Bagi banyak orang, membangun rumah impian mereka adalah tujuan akhir. Namun, sebagian besar tidak menyadari tanggung jawab setelah membangunnya. Salah satu aspek yang mungkin luput dari perhatian adalah berapa banyak energi yang mungkin dikonsumsi rumah impian kita. Jika ini tidak terkendali, itu bisa mengubah mimpi kita menjadi mimpi buruk.



Listrik adalah bentuk energi yang paling banyak digunakan. Rata-rata rumah tangga mengkonsumsi 281,5 kilowatt-jam per bulan. Namun ada cara untuk mendesain rumah agar hemat energi dan hemat. Pertimbangkan hal berikut:


1.) Bentuk


Rancang bentuk bangunan Anda sesuai dengan zona iklim Anda. Misalnya, di zona panas-lembab, struktur berbentuk sempit memaksimalkan cahaya alami dan meminimalkan perolehan panas, sementara di zona panas-kering bentuk kompak seperti rumah halaman mempertahankan udara dingin yang kemudian meminimalkan perolehan panas di dalam gedung.


2.) Rasio Jendela ke Dinding

  • Ukuran dan lokasi jendela sangat penting dalam merancang rumah hemat energi di daerah tropis. Ini untuk mengurangi perolehan panas di rumah yang kemudian menghasilkan lebih banyak konsumsi kipas sistem pendingin buatan, unit AC, dll. Baik secara finansial maupun lingkungan tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

  • Pertimbangkan jenis dan ukuran jendela terbaik sesuai dengan kondisi iklim yang berlaku di wilayah Anda. Di negara-negara tropis, jendela harus dihindari bersama dengan orientasi terpanas kecuali diperlakukan untuk insulasi panas.


3.) Biarkan Cahaya Alami Masuk


Untuk menghemat penggunaan pencahayaan buatan pada siang hari, tempatkan bukaan di sepanjang sisi Utara dan Timur struktur sehingga cukup cahaya tidak langsung yang masuk untuk menerangi ruangan dengan nyaman tanpa penambahan panas yang tidak diinginkan . N tanaman panah dan dedaunan juga merupakan cara yang baik untuk membiarkan cahaya masuk sambil menyebarkan panas . Perlu diingat bahwa ruangan tidak boleh melebihi rasio 2,5 lantai dengan tinggi langit-langit agar cahayanya cukup.

Kesimpulannya, menerapkan desain yang tidak sesuai 'hanya karena' dapat menyebabkan pengeluaran yang tidak perlu pada kesehatan/keselamatan, keuangan, dan lingkungan sekitar rumah. Jadi, sebelum mulai membangun rumah impian Anda, analisislah solusi desain yang sesuai dengan lokasi dan lingkungan sekitar lahan, sewalah Arsitek berlisensi dan berkualifikasi yang dapat membantu Anda memberikan pengalaman yang sempurna dan berkelanjutan untuk rumah Anda.


Anda dapat membaca artikel lain yang tentunya seputar rumah dengan melihat beberapa judul pada daftar isi, anda juga dapat memasukan komentar ataupun mengirim e-mail kepada Studio7 Design and Build sesuai artikel yang anda inginkan selanjutnya dan pastinya Studio7 Design and Build akan segera mempostingnya untuk anda.


Nantikan postingan-postingan Studio7 Design and Build selanjutnya yang selalu up to date, anda juga dapat berlangganan tulisan Studio7 Design and Build yang sangat inspiratif tentunya dengan memasukan e-mail anda pada widget paling bawah yang akan anda temukan pada tab home.


Studio7 Design and Build sangat mengharapkan masukan dari anda mengenai saran postingan yang anda inginkan, dapat dikirim melalui e-mail atau komentar di bawah ini.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id



0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page