Toko Buku Xi'an Zhongshu Lab Wutopia
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Toko Buku Xi'an Zhongshu Lab Wutopia

Wutopia Lab baru-baru ini merancang Toko Buku Zhongshu yang seluruhnya berwarna putih di Xi'an , salah satu kota paling kuno di China yang pernah menjadi ibu kota tiga belas dinasti, dengan 300 ton baja dan 30.000 meter strip cahaya. (Source: Arch2O.com)


Wutopia membatalkan desain pintu masuk langsung ke toko buku, dan membuat pintu masuk berkilauan di ruang komersial di lantai empat; ini diperlukan untuk membebaskan pelat lantai dari lantai lima menjadi area utama toko buku tanpa merusak struktur utama . Kami membangun tangga melengkung putih tanpa pilar, disorot oleh panel putih spiral, dikelilingi oleh dinding akrilik putih yang dibuat khusus. Pembaca yang datang dari kehidupan sehari-hari, menaiki tangga selangkah demi selangkah, dan didorong oleh semangat pengetahuan dan rasa ingin tahu yang ditampilkan melalui buku-buku di sekitar mereka untuk memasuki toko buku di atas awan.


Ruang dasar toko buku terdiri dari area rekomendasi buku populer dan area membaca umum. Kami memutuskan untuk membuat surga membaca di atas "awan", dan seharusnya memiliki ruang bebas yang ringan dan ramping, tetapi untuk mengikuti batasan kode api, kami harus menantang jenis dan bahan tradisional rak buku. Untuk pertama kalinya, kami menggunakan pelat baja setebal 5mm untuk menyesuaikan rak buku melengkung. Setelah perhitungan struktur yang tepat, rangka baja yang tersembunyi di balik pondasi digunakan sebagai penopang struktur. Rak buku berlapis baja sepanjang lebih dari 3.000 meter mengapung di udara sebagai struktur kantilever. Konsep digitaldan teknologi digunakan untuk mewujudkan ruang yang begitu lembut dan bebas: setiap bagian pelat baja telah dioptimalkan melalui pemrograman, diproses oleh peralatan mesin CNC , dan kemudian dirakit di lokasi sesuai dengan penomoran.


Source: Arch2O.com fotografi oleh © CreatAR

Rak buku mengalir bebas yang digariskan oleh kurva memiliki total sepuluh tingkat, memanfaatkan sepenuhnya sudut-sudut area membaca umum. Chamfer bulat meninggalkan ruang tanpa sudut tajam, panel belakang dibuat oleh akrilik tembus cahaya; sedangkan area rekomendasi buku di toko buku putih adalah menggantung pelat baja segitiga dengan sekrup tipis sehingga buku-buku yang ditampilkan di atas tampak melayang di udara. Ini adalah pengalaman baru bagi cabang toko buku Zhongshu.


Ada panteon di tengah area membaca umum. Di tengah balok struktural lantai berdiri rak pajangan yang sangat indah untuk pilihan "Book of the Month" Zhongshu, dan hanya dapat dipegang oleh satu orang pada satu waktu. Pelat lantai di sini diganti dengan lantai kaca untuk meniru ilusi permukaan air. Ruang di bawahnya menampung ruang untuk pertemuan membaca atau konferensi mini. Akademi tak kasat mata dan panteon yang terlihat ini bersama-sama membentuk pusat Toko Buku Zhongshu — sebuah oasis di mana pikiran dan jiwa dapat diremajakan dan dibebaskan.


Source: Arch2O.com fotografi oleh © CreatAR

Perpustakaan anak-anak Toko Buku Zhongshu adalah struktur kristal yang tersembunyi di hutan. Terinspirasi oleh pepohonan dan siluet hewan rusa sembilan warna untuk melindungi Negeri Ajaib anak-anak. Anak-anak akan menemukan pintu masuk tersembunyi mereka sendiri, dunia tersembunyi dari trik dan gua yang menyenangkan, dan memiliki arsitektur pencakar langit, langit biru, dan malam berbintang. Ini adalah dunia untuk anak-anak.


Toko Buku Zhongshu telah memastikan bahwa area perbelanjaan inti tidak hanya zona tenang tetapi juga zona gerak berdasarkan streamline dan pengoperasian bioskop yang dikombinasikan dengan layanan kopi dan makanan dengan lebih banyak meja dan bilik makan. Toko buku, dengan demikian, secara kreatif bergabung dengan bioskop.


Source: Arch2O.com fotografi oleh © CreatAR

Desain dan konstruksi Toko Buku Zhongshu yang berlangsung selama 600 hari tidak hanya melampaui Toko Buku Zhongshu itu sendiri, tetapi juga mewakili kebangkitan kota besar yang dialami Xi'an saat ini. Toko buku paling putih dipenuhi dengan berbagai jenis jiwa kuno dari berbagai suhu dengan pikiran, ingatan, dan harapan yang murni.


Saya berharap praktik arsitektur saya mengulangi kehidupan kita sehari-hari melalui imajinasi yang luar biasa dan ekspresi artistik yang dramatis. Saya juga berharap itu mengubah kenyataan menjadi "realisme ajaib" dan menciptakan ilusi yang mengungkap sedikit kebenaran dalam hidup kita. Keajaiban, bangkit dari kehidupan biasa, diyakini sebagai pembesaran dan hasil takdir dari kehidupan biasa — kisah-kisahnya dapat diwarnai dan diceritakan dengan cara yang luar biasa. Toko Buku Zhongshu membayar upeti dan menampilkan Komedi Ilahi putih ke ibu kota tiga belas dinasti — Xi'an.


Source: Arch2O.com fotografi oleh © CreatAR

Info Proyek:

Desainer Interior : Lab Wutopia

Lokasi : 67 Ming Guang Lu, Weiyang Qu, Xian Shi, Shaanxi Sheng, China

Arsitek Penanggung Jawab : Ting Yu

Arsitek Proyek : Chen Lin

Tim Desain : Jie Lv, Jianming Zhu, Mingcheng Du, Liyuan Lu

Area : 1886,0 m2

Tahun Proyek : 2018

Foto-foto : CreatAR Images

Nama Proyek : Toko Buku Xi'an Zhongshu


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page